Minggu, 23 Oktober 2011

Kisah Sukses Wirausahawan Indonesia - Ronny Lukito

Hai Blogger, pada postingan kali ini saya akan memaparkan sedikit kisah dari salah satu pengusaha Indonesia yang sukses dan berhasil merintis usahanya dari nol. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi para blogger yang ingin berwirausaha dan menjadi seorang pengusaha. ^_^

-- Kunci utama berbisnis adalah menjaga hubungan baik dan menciptakan trust. Kalau hubungan baik dan trust sudah terjalin, otomatis tiap ada kesempatan bisnis baru akan selalu di iberikan kepada kita. -- Ronny Lukito, pengusaha tas terbesar di Indonesia, Chairman B&B Inc.


Ronny Lukito
Itulah kutipan dari seorang Ronny Lukito, pemilik dan chairman B&B Incorporations, seorang pengusaha yang memulai usahanya dengan modal kecil dan berangkat dari segala keterbatasan yang membelitnya saat hendak melangkah pertama kalinya. Ronny lahir di Bandung, 15 Januari 1962. Ia adalah  anak ketiga dari pasangan Lukman Lukito dan Kumiasih, dan merupakan anak lelaki satu-satunya dari enam bersaudara. Ia berasal dari keluarga yang sederhana dan bukan berasal dari lulusan perguruan tinggi. Ronny hanyalah sosok dari lulusan STM (Sekolah Teknologi Menengah) yang tak punya uang untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Padahal ia sangat  berkeinginan untuk bisa kuliah ke Itenas, perguruan tinggi swasta favoritnya di Bandung.

Semenjak bersekolah di STM ia sudah berjualan susu dibungkus dalam plastik-plastik kecil, diikat dengan karet dan kemudian ia jual dengan mengendarai sepeda motor miliknya ke rumah-rumah tetangganya. Masa remajanya memang penuh dengan kesederhanaan dan kerja keras. Kini, Ronny yang dahulu harus bersusah payah telah berubah menjadi seorang pengusaha sukses di bisnis tas. Di Indonesia, ia menjadi salah satu pengusaha yang merajai pasar tas di Indonesia.

Siapa yang tidak kenal dengan produksi miliknya, seperti merek Exsport, Eiger, Bodypack, Neosack, Nordwand, World Series, Morphosa, Extrem, Domus Danica, Vertic, Broklyn, dll. Apalagi bagi kalangan pelajar pasti tidak asing lagi dengan merek-merek diatas, karena memang sebagian besar sasaran produknya adalah kaum pelajar. Mungkin untuk sebagian orang kaget saat tahu bahwa produk seperti Exsport dan Eiger merupakan produk dalam negeri (termasuk saya), sebab tas-tas yang dihasilkan memang berkualitas bagus selayaknya produk berkualitas Internasional. Indonesia patut bangga dengan pencapaian hebat dari seorang Ronny Lukito.

Bisnis tasnya yang dimulai dari nol dan bukan merupakan warisan keluarga kini telah berkembang pesat. Memulai usaha hanya dengan bermodalkan satu mesin jahit, saat ini B&B Inc. telah memiliki empat anak perusahaan yaitu:
- Eksonindo Multi Product Industry, perusahaan ini memproduksi ransel dan tas kasual bermerek Exsport.
- Eigerindo Multi Product Industry, menghasilkan produk yang berorientasi pada kegiatan petualangan dan alam bermerk Eiger.
- Eksonindo Multi Product Industry Senajayameluncurkan konsep produk baru yang bermerk Bodypack untuk menjangkau kalangan pelajar sampai eksekutif. Khususnya pria dengan konsep "street gear".
- Persada Abadi.

Selain sukses dalam penjualan, perusahaannya banyak mendapatkan penghargaan karena kemitraan yang dijalinnya dengan sejumlah UKM (usaha kecil dan menengah). Hal itu dilakukannya demi peningkatan kesejahteraan para pengrajin tas yang bermitra dengannya sehingga kesuksesan tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga lingkungan sosialnya.

Demikian sedikit kisah mengenai salah satu pengusaha sukses yang ada di Indonesia. Ambillah manfaatnya, dan jadikan motivator bagi diri kita. Terima Kasih ^_^

sumber: 
- Buku "Sepuluh pengusaha yang sukses membangun bisnis dari nol" oleh Sudarmadi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar